Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Ade Armando Beri Peringatan Keras Untuk Kelompok 212 Terkait Gus Yaqut

Jakarta - Dosen Universitas Indonesia (UI), Ade Armando mengaku kelompok yang mengusik Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) bakal berurusan dengan orang - orang  Nahdlatul Ulama (NU). Warga NU kata NU bakal mati - matian pasang badan buat Menag Yaqut karena berbagai alasan.


Gus Yaqut sekarang ini menjadi perhatian publik setelah dirinya melontarkan pernyataan kontroversial yang membandingkan azan dengan gonggongan anjing.

Pernyataan ini kemudian dikecam keras oleh kelompok Persaudaraan Alumni (PA) 212. Saat ini kelompok pimpinan Slamet Maarif itu sedang berusaha menyeret Gus Yaqut ke polisi. Mereka juga menggelar aksi unjuk rasa sebagai bentuk protes terhadap ucapan Yaqut yang dinilai menista agama Islam itu.

“Berani mengusik Gus Yaqut adalah sama saja mencari masalah dengan NU,” kata  Ade. 

Menurut Ade, sikap Gus Yaqut sebagai menteri agama sangat pluralis, dia terbuka dengan semua kelompok  agama yang ada di Indonesia. Ade  bahkan menyebut pandangan Gus Yaqut sama seperti mendiang Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). 

Pandangan Gus Yaqut lanjut Ade jelas bikin kelompok Islam radikal sewot. Untuk itu mereka sangat getol mengecamnya ketika dia membuat peraturan tentang penggunaan toa masjid yang berujung pada pernyataan  yang membandingkan azan dan gonggongan anjing.

“Sikap semacam itu jelas-jelas membuat marah banyak kubu Islam radikal. Jadi, untuk waktu yang lama sudah ada keinginan sang menteri yang diganti. Apa yang terjadi sekarang adalah momentum yang ditunggu,” kata Ade. 

Menurut Ade, kelompok Islam radikal ini bakal berusaha mati-matian melengserkan Gus Yaqut dari jabatannya, bahkan menginginkan dia dijebloskan ke penjara sebagaimana yang mereka lakukan kepada Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)  terkait kasus AL Maidah 51 pada 2016 silam. 

“Saya melihat ada upaya meng-Ahok-kan Menteri Agama Gus Yaqut. Kalau dulu Ahok difitnah sebagai penghina agama, dijungkalkan dari posisi Gubernur dan masuk penjara, sekarang Gus Yaqut pun kurang lebih begitu. Dia (Gus Yaqut) difitnah sebagai penoda agama, berusaha digulingkan dari posisi sebagai Menteri, dan bahkan juga berusaha dimasukkan ke penjara,”  tuturnya.

Kendati demikian, Ade meyakini usaha kelompok Islam radikal memejahijaukan Gus Yaqut bakal sia-sia. Dia menegaskan, walau dibenci beberapa kelompok namun Gus Yaqut justru dicintai oleh banyak kelompok keagamaan lainnya.

“Saya percaya upaya itu akan gagal,” tutupnya. (Edy - obrolanesia.com)

Post a Comment for "Ade Armando Beri Peringatan Keras Untuk Kelompok 212 Terkait Gus Yaqut"