Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Bintang Iklan Binomo Ternyata Crazy Rich Palsu, Syuting Dibayar Rp 50 Juta

 Jakarta - Sejak kasus binary option Binomo muncul ke permukaan, nama Yosua Putra kembali dibicarakan. Di 2019, Yosua Putra adalah bintang iklan Binomo, yang kemudian lewat iklan tersebut, ia menjadi viral dengan nama Budi Setiawan. Di iklan tersebut, ia berakting bak crazy rich.

Yosua pun menceritakan bagaimana awalnya ia menjadi bintang iklan Binomo. Kala itu, di 2019, ia sedang berlibur ke Rusia untuk menemui kekasih dan keluarga kekasihnya.

"Jadi gue sempat ke Rusia jalan-jalan sama bokin (kekasih) gue, kebetulan bokin gue orang sana. Gue spent the time sebulan lah di sana, waktu itu summer bulan Agustus," tutur pria 27 tahun ini.

"Abis itu gue pengen kerja kan, waduh gue kalau main musik, enggak cukup nih waktunya, kayak jam session dulu, survive ulang dulu, gitu. Ini sebelum (pandemi) COVID-19."

Sang kekasih pun akhirnya menawarkan pekerjaan sebagai bintang iklan. Ini lantaran kekasih bulenya dan orang tuanya merupakan pemain film di sana. Sebuah agensi iklan rupanya sedang mencari talent dari Indonesia.

Penawaran itu tidak disetujui langsung oleh Yosua. Ia ingin tahu dahulu berapa bayarannya saat itu.

"Ada, salah satu agensi disuruh Binomo mungkin, di Rusia, di St Petesburg, akhirnya gue ditawarin sama bokin gue. 'Lo mau enggak syuting?', 'Berapa nih gajinya?', 'Lo dikasih Rp50 juta, nih'. Gue lagi di luar (negeri), terus gue kerja, dapat duit banyak siapa yang enggak mau man? As simple as that," tutur Yosua Putra.

"Dia enggak nawarin gue, dia cuma ada talent enggak? Akhirnya bokin gue, ya sudah lo casting by phone dulu. Dikirim naskahnya, nah itu si Binomski kan. Gue kan kayak tegak gini ngadep kamera. 'Jutaan orang bakal tidak menyadari bahwa mereka bisa menghasilkan 1.000 dollar tanpa meninggalkan rumah."

Setelah casting by phone dan dinyatakan lolos, Yosua langsung dihubungi pihak agensi untuk syuting iklan Binomo. Yosua tak memakai nama aslinya di iklan tersebut dan menggunakan nama Budi Setiawan, yang nama tersebut kemudian viral di media sosial.

"(Budi Setiawan) Bukan nama asli, nama gue buat mereka kurang Indonesia waktu itu. Budi Setiawan ide gue, bro," kenang Yosua sambil tertawa.

Yosua pun menceritakan kisah di balik proses syuting iklan Binomo.

Diceritakan Yosua, lokasi syuting Binomo terletak di countryside, bukan di kota. Mereka menyewa sebuah rumah mewah yang punya kesan kalau rumah itu pasti dimiliki orang kaya raya.

Sehari sebelum syuting, pihak agensi juga mengajak Yosua untuk fitting baju di toko pakaian Zara. Lalu, dalam naskah pun, Yosua juga diminta berakting bak crazy rich.

"Ini syuting beneran nih, akhirnya gue disuruh pura-pura kaya nih. Kaya abis nih ceritanya," ujarnya.

Yang masih Yosua ingat, ia bukan satu-satunya talent yang menjadi bintang iklan Binomo. Ada lagi talent dari Meksiko yang juga berakting seperti dirinya. Naskah yang dibaca dan kalimat yang diucapkan juga kurang lebih sama, hanya saja berbeda bahasa.

Syuting itu pun tak memerlukan waktu berhari-hari. Dari matahari terbit hingga terbenam, Yosua bisa menyelesaikan syutingnya.

Lucunya, sudah terlanjur syuting, Yosua malah tidak pernah berpikir untuk apa iklan tersebut. Ia pun kala itu tidak tahu-menahu tentang Binomo. Yang ada di pikirannya, tujuan menjalani syuting tak lain adalah mencari uang.

Sudah terlanjur syuting, rupanya Yosua tidak tahu-menahu tentang aplikasi Binomo. Yang di pikirannya cuma mendapatkan uang Rp50 juta dari hasil syuting sehari.

"Ini syuting apaan ya? Gue mau baca kontraknya nih, gila kontraknya tebal (pakai) bahasa Inggris. Ah.. ya sudah lah tanda tangan saja yang penting cair kan. Dikasih tuh langsung, nih cash sebelum syuting," katanya.

"(Jumlahnya) berapa ribu rubel, kalau dirupiahin Rp50 juta, kalau di kurs. Lah siapa enggak mau? Pulang jadi oleh-oleh."

Tak tahunya, begitu pulang ke Indonesia, wajah Yosua menjadi viral. Ia langsung ditelepon wartawan terkait wajahnya yang terpampang di iklan Binomo, kala itu.

"Gue sempat viral 2019, pas gue pulang dari sana, gue di Jakarta semingguan, abis itu pulang ke Bali. Gue sampai ditelepon detikcom, Mas itu beneran Mas Yosua? Dia pokoknya nanya lah, interview via telepon," ungkap Yosua.

Maju ke tahun 2022, Yosua baru tahu kalau Binomo bermasalah. Ia sampai tak habis pikir banyak orang-orang yang tergiur karena iklannya yang meyakinkan itu. Padahal, ia sendiri tidak melakukan praktik trading sejak jadi bintang iklan di 2019 hingga sekarang.

"Enggak trading, gue enggak bisa. Waktu diminta membaca kontrak saja gue malas. (Jadi) Gue as a talent saja," ungkapnya.

Sebagai informasi tambahan, bagi Bunda yang belum tahu asal kasus Binomo. Platform ini diangggap menggunakan skema money games dan banyak korban yang mengaku rugi besar usai mencoba cari rezeki dari platform ini.

Dilansir CNBCIndonesia, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) memasukkan Binomo dalam daftar investasi bodong karena tidak terdaftar dan berizin dari regulator tanah air. Situsnya sering diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tetapi tetap lahir yang baru.

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam Lumban Tobing berkata, aktivitas platform Binomo Cs tidak bisa dikatakan sebagai trading karena tak ada barang yang diperdagangkan di sana. Pengguna platform hanya bisa memprediksi gerak harga aset dan membuat tebakan apakah nilainya akan naik atau turun dalam jangka waktu tertentu. (Edy - obrolanesia.com)

Post a Comment for "Bintang Iklan Binomo Ternyata Crazy Rich Palsu, Syuting Dibayar Rp 50 Juta"