Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mesin Mati KM Ladang Pertiwi Yang Bawa 43 Penumpang Tenggelam Di Selat Makassar

 Makassar -  Kapal Motor (KM) Ladang Pertiwi yang membawa 43 penumpang dengan tujuan kepulauan Liukang Kalmas, Kabupaten Pangkep tenggelam di sekitar 108 Nautical Mile (NM) di Selat Makassar.

Kapal tersebut bertolak dari Pelabuhan Paotere Pukul 17:00 Wita, Jumat (27/5) menuju Kepulauan Liukang Kalmas. Kapal dilaporkan hilang kontak pada malam hari oleh Basarnas Makassar. 

Namun, karena tidak adanya informasi akurat mengenai keberadaan kapal Ladang Pertiwi, petugas meminta kapal yang melintas di sekitar titik hilangnya kapal untuk memberikan pertolongan.

"Malam itu sudah masuk infonya tapi belum ada yang bisa konfirmasi apakah kapal itu terbalik atau bagaimana, cuma masih hilang kontak, jadi kami (Basarnas) cuma menginformasikan ke kapal-kapal yang melintasi di situ untuk memberikan pertolongan," ucap Kepala Siaga Basarnas Makassar Ardiansyah, Sabtu (28/5/2022).

Ardiansyah mengungkapkan kapal dihantam badai sekitar 10 NM dari titik pemantauan kapal yang menyebabkan mati mesin. Kemudian kapal terbalik dan diduga BBM habis juga menjadi salah satu faktor Kapal Motor Ladang Pertiwi tenggelam di Selat Makassar.

"Untuk analisa sampai ke situ bisa jadi karena kami sempat lihat video korban selamat ada informasi bahwa BBM habis," katanya.

Tenggelamnya kapal baru dipastikan oleh Basarnas pagi tadi. Sekitar tiga kapal turun melakukan pencarian korban antara lain : TB Sabang, TB Cipta 2002, TB Lex 05, hingga saat ini baru 17 penumpang yang telah dievakuasi.

"Kapal yang evakuasi korban ada tiga yaitu TB Sabang 25, evakuasi 7 orang ke Banjarmasin, terus TB Cipta 2002 evakuasi 1 orang ke Tanah Keke, terus satu lagi TB Lex 05 evakuasi sebanyak 9 orang ke kepulauan Tanah Keke, Takalar.

Saat ini, petugas Basarnas masih melakukan pencarian pada 26 korban lainnya, termasuk tiga awak kapal yang belum ditemukan. Basarnas pun belum bisa memastikan terkait kemungkinan jatuhnya korban jiwa.

"Kemungkinan korban jiwa kami belum bisa kasih statement terkait itu karena tim kami (Basarnas) masih pencarian sampai sekarang," tegasnya.

Basarnas juga belum melakukan pencarian pada Bangkai Kapal Motor Ladang Pertiwi. Untuk itu, belum bisa dipastikan apakah kapal masih terlihat atau sudah tenggelam di dasar laut.

"Belum bisa kasih statement kami fokus cari manusia bukan kapalnya," terangnya.

(Ara-Obrolanesia.com)


Post a Comment for "Mesin Mati KM Ladang Pertiwi Yang Bawa 43 Penumpang Tenggelam Di Selat Makassar "