Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gus Miftah Pertanyakan Agama Rendang

Jakarta - Belum lama ini dunia kuliner dalam negeri dihebohkan dengan polemik nasi padang non halal. Dimana masakan padang yang biasanya menyajikan menu halal, kalu ini sebuah rumah makan menyediakan menu rendang dari babi. 

Menu rendang babi tersebut ternyata membuat sebagian masyarakat terutama dari suku Minang merasa tersinggung.Lebih parahnya lagi permasalahan makanan tersebut akhirnya meluas ke ranah agama. Padahal pihak rumah makan sudah terang-terangan menjelaskan bahwa menu tersebut nonhalal.

Banyak kalangan yang merespon hal tersebut, salah satunya Gus Miftah yang juga ikut buka suara, dirinya menyampaikan keresahan tersebut lewat unggahan di media sosial miliknya.

Gus Miftah awalnya berusaha menjelaskan soal surat Al-Baqarah yang memang menjelaskan soal ajakan bagi umat Islam untuk memakan makanan yang halal.

"Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Allah SWT berfirman di dalam surat Al-Baqarah ayat 168, wahai para manusia makanlah makanan yang halal dan baik yang ada di muka bumi," kata Gus Miftah dalam unggahan di Instagram yang dikutip pada Selasa (14/6).

Dalam unggahanya tersebut Gus Miftah menjelaskan bahwa hal tersebut berlaku hanya bagi umat Muslim saja. Artinya menurutnya untuk yang non-Muslim bisa dengan bebas mengkonsumsi dan mengolah makanan apa saja yang mereka inginkan.

"Kewajiban makan makanan yang halal itu untuk orang Islam ya, orang non Islam ya terserah mau makan apa. Termasuk mau dimasak dengan bumbu apa, dengan cara apa, ya selera mereka," lanjutnya.

Gus Miftah juga menyampaikan terima kasih kepada pedagang yang menjual makanan haram karena berkenan memberikan label nonhalal.

"Saya justru berterima kasih kepada para penjual makanan haram yang memberikan label nonhalal. Sehingga ketika melihat makanan nonhalal yang kita lakukan jangan emosi, cukup enggak usah dibeli, selesai," kata Gus Miftah.

Tidak lupa juga Gus Miftah memberikan sindiran kepada sebagian pihak yang menyebutkan bahwa rendang adalah makanan untuk agama tertentu.

"Eh, ngomong-ngomong sejak kapan, ya, rendang punya agama?" tutup Gus Miftah.

(Ara-Obrolanesia.com)

Post a Comment for "Gus Miftah Pertanyakan Agama Rendang"