Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Sangat Irit, Mobil Hyundai IONIQ 5 Dipakai Jakarta-Bandung Hanya Butuh Biaya Rp 50 Ribuan

Jakarta - Saat ini produsen mobil ramai-ramai memperkenalkan mobil masa depan yang menggunakan tenaga listrik. Salah satunya Hyundai Motors Indonesia yang mempromosikan Hyundai IONIQ 5.

 

Dalam test uji coba kendaraan jarak jauh dari Jakarta-Bandung, ternyata biaya konsumsi listrik IONIQ 5 tipe Prime Standar Range sangat irit. 

Varian termurah yang dijual seharga Rp 718 juta tersebut mempunyai kapasitas baterai yang lebih kecil yakni 58 kWh, klaim jarak tempuhnya hingga 384 km. Fiturnya sendiri tidak selengkap varian Signature. 

Pada saat dilakukan test perjalanan, saat berangkat kondisi baterai di angka 98%, dengan estimasi jarak tempuh maksimal di 401 km. 

Perjalanan dimulai sekitar jam 10 pagi, melewati tol dalam kota, lalu naik ke tol layang Mohammad Bin Zayed, menuju Purwakarta untuk beristirahat sejenak. 

Setelah makan siang di Purwakarta, perjalanan dilanjutkan ke arah Cikole, Lembang lewat tol Cipularang dan finish sekitar jam 4 sore.Perjalanan termasuk lancar, tak alami kondisi macet panjang.

Dalam perjalanan tersebut terkadang menggunakan gaya berkendara efisien dengan menyetel mode berkendara ke mode Eco. Tidak hanya itu, selama perjalanan tersebut juga dicoba dengan mengoptimalkan level regeneratif braking (pengereman regeneratif) untuk membantu pengisian baterai saat deselerasi. 

Caranya memindahkan tuas paddle shift regeneratif braking dari level 1 ke level 2.Dari data di panel indikator, tertera perjalanan memakan jarak 191,4 km, dengan konsumsi daya listrik rata-rata 17,2 kWh/100 km. 

Dengan asumsi biaya 1 kWh = Rp 1.700, maka didapat rata-rata IONIQ 5 biaya perjalanan per 1 km-nya = Rp 292,4/km.Berdasarkan perhitungan dalam perjalanan 191,4 km cuma butuh biaya listrik sebesar Rp 55,965.

Lantas setelah perjalanan, tertera pada panel indikator, sisa baterai masih di angka 50%, dan jarak yang masih bisa ditempuh adalah 223 km lagi.Siapa yang menyangka dalam perjalanan jarak jauh seperti itu konsumsi listriknya tidak begitu besar dan hemat. 

(Ara-Obrolanesia.com)


Post a Comment for "Sangat Irit, Mobil Hyundai IONIQ 5 Dipakai Jakarta-Bandung Hanya Butuh Biaya Rp 50 Ribuan"