Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Simpel, 2 Bahan Dapur Yang Bisa Buat Kamar Mandi Mampet Jadi Plong

Jakarta - Dalam kebersihan rumah tangga, kamar mandi adalah salah satu tempat yang cepat sekali kotor. Karena selain lembab, kamar mandi sangat mudah sekali berlumut dan bau jika terlambat dibersihkan. 

Permasalahan lainnya yang sering terjadi di kamar mandi salah satunya saluran air tersumbat.Berbagai macam kotoran ataupun rambut rontok yang menggumpal bisa menjadi salah satu faktor penyebab tersumbatnya saluran pembuangan air.

Tidak heran jika masalah tersebut terkadang membuat kita menjadi panik, dan kita harus mengeluarkan uang untuk memanggil tukang pembersih saluran tersebut. Tetapi ternyata kita juga bisa mengatasi masalah saluran air yang mampet tersebut tanpa perlu memanggil tukang.

Tanpa mengeluarkan uang ekstra kita bisa melakukannya dengan beberapa bahan yang tersedia di rumah kita. Sebagaimana mengutip dari situs Den Garden, ada beberap trik yang bisa Anda coba untuk mengatasi saluran mampet.

Dengan menggunakan cuka dan soda kue

Dua bahan ini bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi saluran air mampet.Soda kue dan cuka merupakan bahan alami yang dapat membantu mengurai penyumbatan pada saluran pembuangan air kamar mandi tanpa membuat pipa rusak atau meleleh.

Karena seperti kita ketahui bahwa ada beberapa bahan kimia yang meningkatkan potensi kerusakan pada pipa.Caranya adalah dengan menuangkan secangkir soda kue ke dalam saluran dan tunggu beberapa menit.Setelah itu, masukkan secangkir cuka ke saluran pembuangan dan tunggu beberapa jam untuk melihat reaksinya.

Selanjutnya kita bersihkan saluran pembuangan air menggunakan air mendidih, dengan menuang air mendidih beberapa kali ke dalam saluran yang dapat memecah dan membersihkan buih sabun atau minyak yang memicu penyumbatan.

Namun jika penyumbatan cukup serius, metode tersebut akan kurang berhasil.Terlebih apabila banyak rambut kusut dan menumpuk.Tetapi jangan kuatir karena masih ada beberapa cara lainnya, diantaranya adalah :

Menggunakan alat penyedot manual

Penggunaan alat penyedot manual patut dicoba.Baiknya Anda juga menambahkan petroleum jelly ke tepi bantalan isap agar lebih maksimal.

Bila alat mampu menggapai titik penyumbatan, maka akan berhasil.Sebaliknya jika alat tidak mampu menyentuh sampai ke dalam saluran, maka Anda perlu mencoba metode lainnya.

Menggunakan kail atau kawat

Penggunaan kail pancing (atau kawat yang dibengkokkan) memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi.Karena bisa menggapai dan menarik benda yang menyumbat pipa.

Masukkan kail ke dalam saluran sampai menyentuh benda yang menyumbat dan kemudian angkat ke atas. Terkadang metode ini akan gagal apabila penyumbatan disebabkan oleh pengendapan kandungan mineral.

Namun jika cara diatas tidak berhasil kita bisa mengkombinasikan beberapa metode yang ada diatas untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal. 

(Ara-Obrolanesia.com)

Post a Comment for "Simpel, 2 Bahan Dapur Yang Bisa Buat Kamar Mandi Mampet Jadi Plong"