Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Ustaz Adi Hidayat Angkat Bicara Usai Gus Miftah Pertanyakan Agama Rendang

Jakarta - Pertanyaan Gus Miftah terkait dengan rendang punya agama yang viral di media sosial belakangan ini,mendapatkan tanggapan dari Ustaz Adi Hidayat (UAH).

Nama Adi Hidayat masuk top trending Twitter sejak Minggu (19/6) malam dengan 5,654 perbincangan netizen. Namanya masuk trending usai video ceramahnya viral saat menanggapi pernyataan Gus Miftah soal rendang sejak kapan punya agama.

"Buat (Gus Miftah) @pgmoraaji, ini jawaban Ustaz Adi Hidayat tentang sejak kapan rendang punya agama," cuit yaniarsim pada caption video unggahannya, Senin (20/6). 

Dalam unggahannya itu menampilkan video pernyataan Gus Miftah dan video ceramah Ustaz Adi Hidayat (UAH).

"...Eh ngomong-ngomong, sejak kapan ya rendang punya agama?" tutur Gus Miftah. 

Usai potongan video Gus Miftah tersebut, dilanjuti video ceramah UAH sebagai jawaban pernyataan Gus Miftah. 

"Ada pertanyaan sejak kapan rendang itu punya agama, apa jawabannya? Sejak batik, calung, angklung punya kewarganegaraan," jawab UAH.

UAH juga mengatakan bahwa seandainya batik telah menjadi budaya Indonesia dan diklaim oleh negara lain, pastinya masyarakat Indonesia dengan tegas akan menolaknya. 

"Pertanyaannya sejak kapan batik punya kewarganegaraan? Kan sama saja. Artinya itu adalah pertanyaan yang tidak berfaedah karena itu sudah menjadi budaya yang melekat," jelas UAH. 

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa dalam kaidah ushul fiqh dikatakan "al adatu muhakkamah", artinya kalau sesuatu sudah melekat, sudah baik dikenal dan menjadi adat, maka ia jadi hukum. Artinya jika sudah jadi hukum, maka dikenal oleh masyarakat. Kalau berbeda dengan itu, maka akan ada sesuatu yang menyimpang

Tidak jauh berbeda dengan Rendang yang merupakan produk masyarakat Minang, budaya di Minang falsafahnya berbunyi adat bersanding syariat, syariat bersanding kitabullah, karena itu setiap yang keluar dari Minang lekat dengan syariat walaupun produk makanan. 

“Jadi jangan tanyakan tentang agamanya, kalau bertanya tentang agama pada makanan itu pertanyaan kurang kerjaan,” ungkap Ustadz Adi Hidayat.

(Ara-Obrolanesia.com)


Post a Comment for "Ustaz Adi Hidayat Angkat Bicara Usai Gus Miftah Pertanyakan Agama Rendang"