Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kalahkan Laos 2-0 Timnas Malaysia U-19 Jadi Juara Piala AFF 2022

Jakarta - Timnas Malaysia U-19 berjumpa dengan Timnas Laos dalam final Piala AFF U-19 2022.Dalam laga tersebut Timnas Malaysia berhasil menang dengan skor 2-0 dan menjadi juara Piala AFF U-19 2022. 

Sejak laga dimulai Timnas Malaysia U-19 tampil agresif pada saat laga berjalan lima menit umpan silang winger Adam Farhan masih bisa disapu pemain belakang Laos.

Malaysia terpaksa melakukan pergantian pemain secara cepat di menit ke-12. Najmudin Akmal mengalami cedera pada bagian tangannya. Najmudin tak bisa melanjutkan laga dan masuklah Haykal Danish.

Di menit ke-14 Faiz Amer Runnizar memanfaatkan umpan yang berasal dari tendangan bebas dan membuat Malaysia unggul. Para pemain belakang Laos hanya terpana saja.

Laos tersulut setelah mereka ketinggalan di awal babak pertama. Beberapa kali para pemain Laos mencoba membongkar pertahanan Malaysia. Namun, Laos sulit sekali mendapatkan upaya tembakan.

Memasuki menit ke-30 ada tiga pemain yang sudah mendapatkan kartu kuning. Dua pemain dari Laos dan satu lagi dari Malaysia.Winger kiri Malaysia, Adam Farhan memiliki peluang emas di menit ke-36 Namun, sepakan kaki kirinya masih belum menemui sasaran.

Memasuki menit ke-39, Laos mendapatkan peluang bersih pertama di laga ini. Sayang, sontekan bek tengah Laos, Sipongpang 4 masih bisa ditahan kiper Malaysia, Syahmi Adib.

Laos langsung menggebrak di awal babak kedua. Penyerang andalan mereka, Peeter Phantavong memiliki peluang cukup terbuka di kotak penalti Malaysia. Sayangnya, tembakan Peeter Phantavong masih jauh dari sasaran.

Memasuki menit ke-60, Faiz Amer nyaris mencetak gol keduanya di laga ini. Namun, Faiz kali ini gagal melakukan tugasnya. Padahal, gawang sudah kosong setelah kiper Laos tak berada di posisinya.

Stamina para pemain dari kedua tim tampak sudah terkuras di babak kedua, terlebih dengan kondisi lapangan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat tidak terlalu ideal setelah diguyur hujan lebat.

Sampai menit ke-73, Laos masih tampil lebih dominan. Namun, ketatnya pertahanan Malaysia masih belum bisa mereka tembus.Malaysia yang lebih tertekan di babak kedua justru mampu menambah keunggulan di menit ke-76. Alif Farkhan melepaskan crossing yang sangat baik dari sisi kiri pertahanan Laos. Alif Izwan Yuslan yang berdiri bebas tinggal mencocor masuk bola ke dalam gawang Phounin Xayyasone.

Malaysia pandai mengatur tempo permainan di sisa babak kedua. Sementara pemain Laos tampak sudah kehilangan motivasi dan stamina untuk menyerang.Hingga babak kedua berakhir skor 2-0 untuk keunggulan Malaysia tidak berubah. Harimau Malaya muda meraih gelar juara Piala AFF U-19 2022.

Ini adalah yang kedua kalinya Malaysia di ajang Piala AFF U-19. Sebelumnya mereka meraih gelar pada edisi tahun 2018 lalu. Menariknya, saat itu Indonesia juga menjadi tuan rumah.

Susunan Pemain Kedua Tim

Malaysia U-19 (4-3-3): Syahmi Adib (Kiper), Alif Farkhan, Faiz Runnizar, Muhammad Ubaidillah, Fakhrul Fareez (Belakang), Ziad Norhisham, Ahmad Aysar Hadi, Haiqal Haqeemi (Tengah), Adam Farhan, Alif Izwan Yuslan, Najmudin Akmal (Depan).

Pelatih: Hassan Sazali

Laos U-19 (4-1-4-1): Phounin Xayyasone (Kiper), Puoutthavong Sangvilay, Foutbone Kounnasen, Anantaza Siphongphan, Saelunaxay Phommavong (Belakang), Vongsakda Chanthaleuaxay, Chantaviphone Phoumsavanh, Sayfon Keohanam, Chantavixay Kounthompoumphone, Damoth Thongkamshavath (Tengah), Peeter Phantavong (Depan).

Pelatih: Hans Michael Weiss

(Ara-Obrolanesia.com)

Post a Comment for "Kalahkan Laos 2-0 Timnas Malaysia U-19 Jadi Juara Piala AFF 2022"