Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Rangking FIFA Timnas Indonesia Naik 20 Tingkat Sejak Dibesut Shin Tae-yong

Jakarta - Kiprah Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia ternyata cukup mengesankan. Pria asal Korea Selatan itu sukses mendongkrak Ranking FIFA Skuad Garuda hingga 20 tingkat seiring dengan berita ini diturunkan.


Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia saat ini menempati peringkat ke-155 menurut FIFA Ranking. Sebelumnya Skuad Garuda berada di urutan ke-175 pertahun 2021 lalu.

Adapun STY telah resmi dikontrak sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia U-19, U-23, dan senior pada awal 2020 lalu. Pria berusia 51 tahun itu pertama kali menangani Timnas Indonesia U-19 pada September 2020 dalam laga uji coba.

STY kemudian baru bisa mengangani skuad senior pada Mei 2021 lalu karena faktor pandemi Covid-19. Saat itu Skuad Garuda kalah saat berhadapan melawan Oman dengan skor 1-3 di laga uji coba FIFA Matchday.

Catatan STY di awal melatih Tim Merah Putih memang belum mengesankan. Timnas Indonesia bahkan menorehkan hasil yang kurang memuaskan selama Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan imbang melawan Thailand 2-2 dan takluk dari Vietnam 0-4.

Namanya kemudian kian mengemuka seiring dengan keberaniannya merombak banyak pemain senior di Timnas Indonesia. Skuad Garuda dihiasi mayoritas pemain muda di Piala AFF 2020 lalu dan berhasil mencapai runner up, peringkat naik jadi 164.

Meski catatan tersebut sama dengan koleksi yang diraih Tim Merah Putih sebelumnya, tetapi bibit pemain muda menjadi nilai lebih yang ditanam Shin Tae-yong saat ini. Dia pun tidak mengubah banyak daftar pemain Timnas Indonesia senior di beberapa laga selanjutnya.

Pada laga uji coba FIFA Matchday, Timnas Indonesia berhasil menaklukkan Timor Lester dua kali dengan skor 4-1 dan 3-0. Hasil tersebut membawa peringkat Timnas Indonesia naik menjadi 160.

Terbukti, pengalaman para pemain muda di Piala AFF 2020 tersebut nyatanya mampu membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 untuk kali pertama setelah 15 tahun silam. Peringkat Tim Merah Putih pun melesat seiring dengan keberhasilan tersebut menjadi 155. (Edy - obrolanesia.com)

Post a Comment for "Rangking FIFA Timnas Indonesia Naik 20 Tingkat Sejak Dibesut Shin Tae-yong"