Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Sebut Pesulap Merah Tidak Menghibur, MUI Dibanjiri Cibiran Netizen

Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) angkat bicara soal aksi Marcel Radhival atau Pesulap Merah yang membongkar trik sulap dalam perdukunan. Salah satu yang mencuat adalah pengobatan alternatif Gus Samsudin. 


Anggota MUI, Buya Munawwir Alqosimi, menyampaikan pandangannya bahwa kontroversi yang terlibat dalam keduanya dapat memecah belah umat. Menurut dia, masyarakat ada yang mencaci Marcel maupun Gus Samsudin.

"Secara pribadi kalau menurut saya memang enggak menghibur. Kita lihat ada dari realita kenyataan bahwa umat terbelah. Ada yang mencaci Marcel ada yang mencaci Gus Udin," ucapnya dikutip dari YouTube Cumicumi. 

Munawwir menyarankan agar Marcel yang berprofesi sebagai pesulap bertindak sebagaimana mestinya sebagai pesulap dengan mengibur saja.

“Jadi Marcel kalau memang menghibur, menghiburlah sebagai pesulap dengan memakai yang memang menghibur,” katanya.

Kemudian, menurut Munawwir Marcel seharusnya mencontoh pesulap lain, seperti Limbad yang tidak banyak berkomentar.

"Lihat para pesulap yang lain, tidak akan membuat kegaduhan sebagaimana Limbad, maka dia tidak bicara," tutur Buya Munawwir.

Bicara sejarah, Munawwir mengatakan sulap sudah hadir bahkan di zaman Nabi Musa. Kala itu tukang sihir menggunakan ilmu sulap bukan memakai jin.  

"Tukang sihirnya (zaman) Nabi Musa itu menggunakan ilmu sulap, bukan mamakai setan, jin. Karena itu ulama tidak memperbolehkan sulap. Sulap itu memang menggunakan alat-alat rekayasa, itu pun enggak diperbolehkan," katanya.

Munawwir menambahkan bahwa sulap boleh digunakan hanya untuk sekadar hiburan. Seperti halnya fatwa yang sudah dikeluarkan negara Yordania.

“Ada yang sudah mengeluarkan fatwa yaitu Yordania. Bahwa sulap itu boleh digunakan hanya untuk permainan. Hanya untuk hiburan, bukan sebagai pelisir,” lanjutnya. 

Melihat komentar dari MUI, netizen langsung memberikan tanggapannya yang mayoritas tidak setuju dengan komentar MUI terkait aksi Pesulap Merah. Warganet bahkan menuding MUI ingin melegalkan perdukunan di Indonesia.

Berikut sederet komentar netizen terkait ucapan MUI tentang Marcel Radhival.

Imam Impra : "Mending bubarin MUI,, kyaknya ga ada guna deh."

Ria : "katanya ga boleh percaya dukun dan sebangsanya saat mba rara viral kemarin. skrg malah ga ada omongan sama sekali tentang dukun tp bahas pesulap merah. mau ketawa takut dosa.. 🤐"

Angga Permana : "Kaya nya MUI juga percaya dukun. Atau jangan2 banyak dukun nya di MUI NaudzubillahMinDzalik"

Iwan Setiawan : "Dukun apa dah dapat sertifikat dari mui ya..😆😁😁🤣"

Erwan Jhon : "MUI ini kayaknya membela dukun yg berkedok ustad."

Singgih Prawira : "MUI juga nggak ada faedahnya. Selama ini nggak pernah 'menolong' masyarakat dari pembodohan. Malah ikut2an membodohi atas nama agama"

(Edy - obrolanesia.com)

Post a Comment for "Sebut Pesulap Merah Tidak Menghibur, MUI Dibanjiri Cibiran Netizen"