Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kopi Luwak Itu Halal, Meski Keluar Dari Dubur Hewan

Jakarta - Buya Yahya memastikan kopi luwak halal untuk dikonsumsi bila pemrosesannya dilakukan dengan cara yang benar.


Seperti diketahui, kopi luwak menjadi salah satu kopi termahal di dunia karena prosesnya yang unik dan tidak biasa.

Kopi luwak diolah dari biji kopi pilihan yang telah dikonsumsi oleh luwak, hewan mamalia sejenis musang.

Setelah melalui proses pencernaan di dalam perut luwak selama 24 jam, biji kopi tersebut dikeluarkan kembali melalui dubur sang luwak.

Biji yang bercampur dengan kotoran luwak tersebut kemudian dibersihkan, sebelum kemudian diproses menjadi kopi, dan siap untuk diseduh.

Dalam dakwahnya yang disiarkan oleh channel YouTube Al-Bahjah TV, Buya Yahya memastikan bahwa kopi luwak halal untuk dikonsumsi.

Menurut Buya Yahya, yang dikonsumsi adalah biji kopinya bukan kotoran luwak. Sebab dalam proses pencernaan luwak, biji kopi yang dimakan tidak hancur, sehingga ketika keluar masih utuh.

Dengan demikian maka, kopi luwak dihukumi mutanajjis, yang artinya terkena najis. Namun setelah biji kopi tersebut dicuci dengan bersih maka bisa menjadi halal untuk dikonsumsi.

"Jadi kopi luwak itu kan hanya prosesnya saja. Yang dikonsumsi biji kopinya, bukan kotoran luwaknya. Kalau sudah dicuci jadi suci kembali dan boleh dikonsumsi," jelas Buya Yahya.

Selain itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah menetapkan kehalalan kopi luwak melalui Fatwa No 7 Tahun 2010 tertanggal 20 Juli 2010.

Post a Comment for "Kopi Luwak Itu Halal, Meski Keluar Dari Dubur Hewan"