Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Apa Benar Pertalite Hanya Punya Nilai RON 86? Begini Penjelasan Pertamina

Jakarta – Pertamina melalui Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting akhirnya memberikan penjelasan terkait beredarnya foto yang memperlihatkan hasil pengujian nilai oktan Pertalite yang disebut hanya bernilai 86.

Menurut Irto Ginting, alat pengujian RON harus memenuhi standar ASTM RON methode sehingga seluruh pengujian bisa divalidasi. Selain itu, alat yang dipakai harus selalu dikalibrasi.

Karena itu, Irto Ginting menegaskan bahwa hasil dari pengujian di foto tersebut tidak bisa dijadikan patokan karena alat yang dipakai juga tidak bisa dipastikan validasinya.

"Jika alat yang digunakan tersebut adalah Oktan Analyzer Portable, alat tersebut juga harus terbukti sudah terkalibrasi menggunakan certified reference material secara berkala," jelas Irto Ginting, Minggu (9/10/2022).

Selain itu, sejauh ini Lembaga Penelitian dan Pengembangan Industri Minyak dan Gas Bumi (Lemigas) telah melakukan pengujian terhadap Pertalite.

Pengujian dilakukan dengan mengambil sampel dari 6 SPBU di wilayah Jakarta, dan hasil dari pengujian tersebut menunjukkan bahwa spek Pertalite masih sesuai dengan ketentuan.

“Seluruh sample menunjukkan hasil atau spek Pertalite masih sesuai dengan ketentuan Dirjen Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM Jenis Bensin RON 90 yang Dipasarkan di Dalam Negeri,” ujar Irto Ginting.

Sebelumya, beredar viral sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan hasil pengujian Pertalite dengan menggunakan sebuah alat yang menunjukkan nilai oktan Pertalite hanya di RON 86, bukan di RON 90.

"Ini namanya perampokan dan aparat melempem seperti kerupuk kena air," demikian cuitan dari akun Twitter @yo2thook, Jumat (7/10/2022).

Post a Comment for "Apa Benar Pertalite Hanya Punya Nilai RON 86? Begini Penjelasan Pertamina"