Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

BPOM Umumkan Daftar 7 Obat Sirup Berbahaya

Jakarta - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia (RI) kembali meng-update daftar obat sirup yang diketahui mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG).

BPOM mengumumkan bahwa ada empat jenis obat sirup lagi yang dianggap berbahaya, sehingga totalnya sudah ada tujuh jenis obat sirup yang tercemar.

Berikut daftar obat sirup terbaru yang mengandung cemaran EG dan DEG.

1. Paracetamol Drops

2. Paracetamol Sirup Rasa Peppermint

3. Vipcol Sirup

4. Flurin DMP Sirup

5. Unibebi Couh Syrup

6. Unibebi Demam Drop

7. Unibebi Demam Syrup

Sebelumnya, Paracetamol Drops dan Paracetamol Sirup masuk ke dalam daftar obat yang aman untuk dikonsumsi menurut Kemenkes. Namun BPOM meralat pernyataan tersebut dan memasukkan kedua jenis obat itu ke dalam daftar obat berbahaya.

Terkait masalah ini, Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril menjelaskan bahwa pihaknya sebelumnya telah meminta kepada BPOM untuk mengecek keberadaan cemaran EG dan DEG di dalam 102 obat sirup yang ditemukan di rumah pasien yang mengalami gangguan ginjal akut, dan keluarlah rilis bahwa obat itu aman.

"Kami sebetulnya hanya merujuk pada satu kategori, yaitu obat sirup. Artinya, rekomendasi kami sampaikan ke BPOM bahwa semua obat sirup yang diduga ada komposisi pelarutnya, dan dimungkinkan ada cemaran EG dan DEG agar menjadi prioritas pemeriksaan BPOM," jelas Mohammad Syahril, Selasa (1/11/2022).

Seperti diketahui, hingga 31 Oktober 2022 tercatat ada 46 pasien gangguan ginjal akut yang masih dirawat di 27 rumah sakit di seluruh Indonesia.

Post a Comment for "BPOM Umumkan Daftar 7 Obat Sirup Berbahaya"